Pembagian Zona Menjadikan Ruang Dapur Lebih Teratur

Pembagian Zona Menjadikan Ruang Dapur Lebih Teratur

Untuk menunjang kegiatan di ruang dapur, dibutuhkan beberapa peralatan tambahan. Salah satu peralatan yang cukup penting untuk ada di ruang dapur yaitu perangkat penyimpanan.

Ruang dapur yang dikatakan ergonomis terdiri dari 3 zona utama, yaitu zona penyimpanan, persiapan, serta satu zona khusus untuk kegiatan memasak. Tetapi jika dilihat dari segi fungsi dan perangkat penyimpanan, maka ruang dapur akan terbagi menjadi 5 zona. Zona tersebut meliputi zona penyimpanan barang non-konsumsi, zona penyimpanan barang konsumsi, zona pembersihan, lalu ada zona persiapan, kemudian ada zona memasak.




Berikut adalah cara untuk mengelola 5 zona ruang dapur tersebut di atas:

Zona penyimpanan barang non-konsumsi –> Area ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan perabotan serta peralatan dapur lainnya seperti cangkir, gelas, piring, sendok, dan lain sebagainya. Zona ini meskipun diperuntukkan bagi peralatan non-konsumsi, tetapi tetap perlu diperhatikan mengenai kebersihannya agar sesuai standard kesehatan.

Zona penyimpanan barang konsumsi –> Untuk tempat penyimpanan barang konsumsi yaitu dengan lebih mengarah kepada pengaplikasian kabinet. Dengan pengolahan kabinet yang tepat, menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan bahan makanan pokok seperti beras, serta bahan makanan pelengkap lainnya. Pada zona ini juga dapat dipalikasikan penggunaan kulkas untuk penyimpanan bahan makanan yang tidak tahan lama.

Zona pembersihan –> Pada zona ini tidak membutuhkan area yang luas, karena hanya untuk menyimpan peralatan kebersihan seperti spons, cairan pembersih, sikat, dan lain-lain.

Zona persiapan –> Zona ini sebaiknya berada di dekat zona penyimpanan bahan konsumsi dan zona memasak karena memang area ini sebagai tempat persiapan bahan makanan sebelum diolah ke tahap pemasakan. Zona ini juga sebagai tempat penyimpanan peralatan yang mendukung persiapan memasak seperti pisau ataupun perabotan persiapan elektronik seperti blender, mixer, dan lain-lain. Selain itu, zona ini juga fungsinya mencakup tempat penyimpanan bumbu-bumbu masakan.

Zona memasak –> Area ini menjadi pusat kegiatan di ruang dapur di mana pada zona ini terdapat perlengkapan memasak seperti kompor. Kabinet juga dapat dipalikasikan pada zona memasak ini yaitu pada bagian bawah atau di atas kompor.

dan semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca di sini
dari tutur kata atau tulisan yang tidak mengenakan mohon di maklumi
jangan lupa share postingan ini
dan berikan komentar anda di kolom kementar di bawah sampai jumpa
sukses dan sehat selalu unntuk kita semua .

dan semoga yang sedang di berikan sakit
semoga penuyakitnya segera di ambil oleh alloh swt dan
di berikan kesehatan selalu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keranjang Rotan Di Kamar Tidur, Membuat Lebih Cantik

Storage Inovatif, Maksimalkan Ruang Keluarga

Tips Membersihkan Dapur Rumah